Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Bone berakar dari lembaga pendidikan tinggi yang sebelumnya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone. STKIP Muhammadiyah Bone berdiri sebagai salah satu bentuk kontribusi Persyarikatan Muhammadiyah dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Bone dan sekitarnya.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris secara resmi dibuka di bawah naungan STKIP Muhammadiyah Bone untuk menjawab kebutuhan akan tenaga pendidik profesional di bidang pengajaran Bahasa Inggris, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penguasaan bahasa asing di era globalisasi. Sejak awal pendiriannya, program studi ini diarahkan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang unggul dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris.
Seiring perkembangan institusi, STKIP Muhammadiyah Bone mengalami peningkatan status menjadi universitas. Berdasarkan keputusan resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bone berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Bone. Perubahan status ini membawa dampak signifikan terhadap pengembangan kelembagaan, termasuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang tetap menjadi salah satu program studi unggulan di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bone.
Dalam perjalanannya, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terus mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas dosen, kurikulum, fasilitas pembelajaran, maupun kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan dan lembaga profesional lainnya. Komitmen untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing, memiliki kemampuan literasi bahasa Inggris yang kuat, serta siap menghadapi tantangan dunia pendidikan dan industri global menjadi visi utama yang terus dipegang hingga kini.
PROFIL UTAMA LULUSAN
1. Tenaga Pendidik yang profesional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang
menguasai TIK
Menguasai materi
keilmuan Bahasa Inggris dengan berbagai pendekatan, metode dan teknik
pembelajaran yang dapat diterapkan kepada peserta didik. Mampu mengembangkan kurikulum
untuk layanan pembelajaran Bahasa Inggris pada berbagai tingkat pendidikan.
Memiliki keterampilan dalam merencakan, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajaran Bahasa Inggris pada berbagai tingkat kualifikasi pendidikan.
2. Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris
Peneliti pendidikan
Bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian atau mengembangkan karya
inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat serta menguasai konsep-konsep dasar di
bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang bisa diaplikasikan dalam
merancang kegiatan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, untuk kemudian
mempublikasikan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.
3. Instruktur Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris
Instruktur Pembelajaran Bahasa Inggris yang mampu berusaha
sendiri maupun bekerja sama orang lain dalam bentukproduk, kursus bahasa
inggris dan tour guide sebagai bentuk dari pengaplikasian jiwa tourismpreuner
4. Entreprenuer Bahasa Inggris
Wirausaha yang bisa menjalankan bisnisnya dalam bidang Bahasa
Inggris dalam menghasilkan keuntungan dan memperbaiki taraf hidupnya dengan
melakukan inovasi dalam bidang Bahasa Inggris
5. Translator
Translator yang handal dalam profesi alih bahasa, yang berperan untuk menerjemahkan perbedaan bahasa, budaya, dan sosial antar kedua bahasa.